Selasa, 12 Maret 2013

LAPORAN HASIL DISKUSI



  Hasil-hasil diskusi perlu dilaporkan ( bisa lisan/tertulis) dan disampaikan kepada peserta diskusi dan pihak-pihak lain yang terkait ( pejabat atau sponsor)

Ø  Laporan hasil diskusi harus lengkap dan dikemukakan dengan menggunakan bahasa Indonesia baku ( ragam resmi).
Ø   Tujuan penulisan laporan diskusi:
Menyampaikan hasil diskusi baik kepada peserta diskusi maupun kepada pihak-pihak  yang berkepentingan terhadap hasil diskusi.

Hal-hal yang perlu disampaikan dalam laporan diskusi :

1.   Topik atau masalah yang didiskusikan
2.   Tujuan diskusi
3.   Pelaksanaan dan peserta diskusi
a.    Narasumber yang menyampaikan pokok-pokok pikiran, pemakalah atau pemrasaran yang menyampaikan makalah, atau panelis
b.    Moderator yang memimpin diskusi .
c.     Penulis/notulis yang bertugas mencatat pertanyaan, pendapat, serta tanggapan berkait dengan masalah yang dibahas dalam diskusi.
d.     Peserta diskusi
4.   Materi diskusi yang berupa makalah dan hasil pembahasannya.
5.   Tempat,  waktu,  dan penyelenggaraan diskusi

Sistematika / Format Laporan Diskusi :
1.   Pendahuluan
a.   Latar Belakang Diskusi
b.   Tujuan diskusi
c.   Topik atau masalah diskusi
d.   Tempat,  waktu,  dan peserta diskusi

2.    Hasil Diskusi
a.    Pokok-pokok materi sajian diskusi
Ø  Pokok-pokok isi makalah yang disajikan oleh pemakalah dan pembanding (bila ada pembanding) -> jika diskusi berbentuk diskusi
Ø  Pokok-pokok pikiran panelis dan tanggapan peserta -> jika  diskusi berbentuk diskusi panel
Ø  Pokok-pokok pikiran peserta ramu pendapat -> jika diskusi berbentuk diskusi ramu pendapat (brainstorming).
b.     Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta diskusi (floor) beserta tanggapan-tanggapan yang disampaikan oleh pemakalah/narasumber/panelis terhadap pertanyaan-pertanyaan  peserta diskusi tersebut

3.    Simpulan

Bagian simpulan dapat berisi hal-hal berikut :
a.   Simpulan hasil diskusi yang diolah dari pokok-pokok  pikiran dalam makalah, yang bisa berupa :
Ø  Pokok-pokok pikiran yang disajikan  oleh pemakalah maupun pembanding, serta tanggapan-tanggapan  peserta diskusi (bila diskusi berbentuk seminar,  symposium,  lokakarya)
Ø   Pokok-pokok pikiran panelis dan tanggapan-tanggapan  peserta (jika diskusi berbentuk diskusi panel)
Ø   Pokok-pokok pikiran peserta ramu pendapat (jika diskusi berbentuk ramu pendapat)
b.   Masalah-masalah yang tersisa yang belum dibahas secara tuntas (bila ada).
c.   Saran-saran tindak lanjut berdasarkan hasil diskusi.

4.   Lampiran

è  Berisi hal-hal yang dilampirkan untuk mendukung isi laporan.

Lampiran dapat berisi hal-hal berikut :
a.   Makalah-makalah
b.   Acara diskusi (susunan acara)
c.   Panitia diskusi
d.   Daftar hadir peserta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar