Rabu, 03 April 2013

feature : Pakai Dana Pernikahan (Cerita dibalik pembuatan Finding Srimulat)




Cerita dibalik pembuatan Finding Srimulat tidak hanya dimiliki para pemain. Sutradara pun punya cerita dibalik keputusanya membuat film tersebut. Cerita tentang upaya melawan ketakutan sendiri dan harus menunda lagi rencana pernikahanya dengan sang kekasih. Sebelum Finding Srimulat, Charles memiliki karya film, yakni Rasa dan Demi Dewi. Tapi, dua film itu bisa dibilang gagal di pasaran. Tidak bisa bertahan lama di bioskop karena penontonnya tidak banyak.  Hal tersebut membuat dia ragu. “ Jujur saja, saya takut setelah dua film saya sebelumnya gagal, “ungkap Charles.

Ketika ingin mengangkat Srimulat, dia kembali ragu, Apalagi, Srimulat adalah grup living legend. Dia tidak boleh asal-asalan membuat film tersebut. Dia pun melakukan riset selama satu tahun. Rencana yang sebelumnya hanya ingin membuat film dokumenter Srimulat dengan mengambil gambar mereka melawak dari pangung ke pangung akhirnya menjadi berubah film layar lebar. Charles menjadi yakin karena di dukung Srimulat serta para pemain lain. Empat hari sebelum syuting, dia dipanggil ayahnya, Hendrick Gozali. Hendrick Gozali adalah produser film kawakan. Dia adalah pemimpin PT.Garuda Film. Pada era 70-80-an, perusahaan yang dipimpinnya menghasilkan banyak film peraih Piala Citra. Sebut saja Perempuan dalam pasungan dan Buah Terlarang. Charles ikut berkecimpung dalam dunia film dengan mendirikan Magma Entertaiment pada tahun 2003. Hendrik bertanya kepada Charles apakah ia benar-benar yakin akan membuat  film tersebut. Sebab, biayanya sangat banyak. “ Walau papa saya bilang, saya yakin atau tidak. Sebab, dana yang digunakan tidak kecil. Saya pun sudah berpacaran dengan Lina, kekasih saya, tujuh tahun.  Papa bilang, dana itu bisa digunakan untuk biaya saya menikah. Saya memilih mengambil resiko. Akhirnya, pernikahan saya mundur,” katanya. Ketika menceritakan itu, Charles tidak bisa menyembunyikan emosinya. Dia menitikan air mata. Hal itu mengambarkan besarnya pengorbanan dia demi film tersebut. Air matanya kembali keluar ketika Hendrick mengungkapkan rasa terimakasihnya . Setelah melihat film Finding Srimulat, dia bilang hasilnya sempurna.

“Saya baru nonton ini. Menurut saya, hasilnya sempurna. Saya berterima kasih kepada para pemain. Juga anak saya Charles,”ungkapnya. “ Terima kasih ya, pa. Terima kasih sudah percaya, “ jawab Charles.

Hampir tiga tahun Charles membuat film tersebut. Mulai riset, menulis skenario, syuting, hingga rilis. Rencana pernikahannya pun sempat mundur hingga tiga kali. “Sampai saya ditanyaain terus sama teman-teman, kok nggak nikah-nikah,” ucapnya.

Jika tidak ada aral melintang, Mei nanti rencana tersebut diwujudkan. Dia berharap progres film itu menjadi hadiah perkawinannya. (Jan/c5/Ayi/jpnn)

Sumber : Radar Sampit, Kamis 4 Aprli 2013, hlm 23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar